Ahad, 15 Ogos 2010

RAMADHAN KEPADA RAMADHAN

Alhamdulillah, sekali lagi kita dipertemukan kepda Ramadhan 1431H/2010 ini. Keberadaan kita sesungguhnya merupakan suatu kesempatan yang diberikan Allah SWT kepada kita. Mungkin ini sebagai sahutan Allah terhadap doa-doa kita pada Ramadhan tahun-tahun yang lalu. Namun kesempatan ini sangat sayang andai tidak dipergunakan sepenuhnya, untuk menambah amal, mencari kurniaan Allah diatas segala kebaikan yang Allah SWT anugerahkan di dalam bulan yang penuh keberkatan ini.

Ramadhan kepada Ramadhan pada tahun ini, harus kita tingkatkan kefahaman kita tentang kurniaan Allah SWT ini. Semoga setiap saatnya yang berlalu kita sama-sama manfaatkan dengan sesungguhnya. Bagaimana Rasulullah SAW menyebutkan dalam hadist baginda yang mulia:

عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ ، أَنَّ رَسُولُ اللهِ قَالَ يَوْمًا وَحَضَرَ رَمَضَانُ : أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرُ بَرَكَةٍ، فِيْهِ خَيْرٌ يُغْشِيْكُمُ اللهُ [فِيْهِ]، فَتُنْزِلُ الرَّحْمَةُ، وَتُحِطُ الْخَطَايَا، وَيُسْتَجَابُ فِيْهِ الدُّعَاءُ، فَيَنْظُرُ اللهُ إِلَى تَنَافَسِكُمْ، وَيُبَاهِيُ بِكُمْ مَلاَئِكَتُهُ، فَأَرُوْا اللهُ مِنْ أَنْفُسِكُمْ خَيْرًا، فَإِنَّ الشَّقِيَ مِنْ حَرَمِ فِيْهِ رَحْمَةُ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ. مُسْنَدُ الشَّامِيِيْنَ لِلطَّبَرَانِيْ
Dari ‘Ubadah bin Shamit, Rasulullah saw bersabda mengenai hadir nya bulan Ramadan:"Telah datang kepada kalian bulan Ramadan bulan barakah, di dalamnya Allah membuka untuk kalian kebaikan kebaikan, Allah menurunkan RahmatNya, menghapus dosa dosa, mengabulkan doa, Allah memperhatikan upaya-upaya kalian (untuk berlomba-lomba dalam kebaikan), dan Allah begitu membanggakanmu dihadapan para Malaikat, Allah menampakkan dari diri kalian kebaikan kebaikan, karena sesungguhnya diharamkannya (sesuatu yang halal di bulan Ramadan) didalamnya terdapat rahmat Allah Azza wa jalla (Musnad asy-Syâmîn Li at-Tabarânî) dan hadits yang serupa dari Ibn Najar sebagaimana dalam at-Targhîb wa Tarhîb Ibn Mundzir.

Semoga kita tidak menjadi orang-orang yang merugi.

Tiada ulasan: